Usia 20 Masih Hura-Hura? Sudah Ngga Jaman, Cuba Pikirkan Lagi

usia 20 masih hura hura

Semua orang sepertinya setuju kalau masa SMA adalah masa terbaik dan terindah dalam hidup. Gimana ngga, kamu masih ngga perlu pikir panjang buat nembak gebetan, mau malem mingguan masih dapat jatah dari enyak babe, pengen beli ini itu masih terus dikasih, sampai kalau kamu nakal­-nakal sedikit masih dimaklumi dengan alasan, “maklum, namanya juga anak muda”. Dan masalah terbesar kamu hanyalah soal bingung mau ngasih kado apa sama pacar waktu ulang tahun.

Tapi, kamu juga harus sadar kalau tidak selamanya kamu bisa dalam kondisi seperti itu. Semakin lama, seiring dengan bertumbuhnya rambut Upin dan Ipin dan menunggu mereka masuk SMP, kamu juga sudah harus berubah. Dan semua itu akan semakin kamu sadari ketika kamu sudah punya dua kepala, eh maksudnya kepala dua.

Tidak seperti ketika kamu merayakan ulang tahun  ke 17, yang selalu ditambahin dengan kata SWEET padahal kamu cuma dapet terigu dan telor ceplok mentah. Di usia ke 20 kamu sudah harus tau akan jadi apa, mau kerja dimana,mau punya anak berapa, dan yang paling penting mantan kamu siapa aja #eh.

Ketika kamu sudah berusia 20 an, kamu memang sudah akan merasakan hal berbeda dalam diri kamu. Dari cara berpikir sampai cara mencukur. Meskipun ngga sedikit juga teman kamu yang masih seneng hura-hura dengan jatah bulanan. Tapi, kalau beberapa tahun kedepan kamu sudah ingin hidup lebih baik, kamu sudah harus memutar otak kamu. Karena apa? Karena hura-hura ketika usia kamu sudah 20 tahun memang sudah ngga jaman lagi.

Kalau kamu masih berpikiran kenapa harus dimulai dari usia 20 sedangkan kamu masih punya waktu yang sangat panjang. Kamu harus tahu beberapa alasan kenapa kamu sudah nggaboleh hura-hura diusia 20 berikut ini :

1. Waktunya Berkembang

growing

waktunya berkembang via pixabay

Ingat, berkembang tanpa tambahan kata biaklho. Buat kamu yang usianya masih 20an, biasanya kamu masih memiliki pikiran yang terbuka dan tentu saja senang mencoba banyak sekali hal baru.Berbeda dengan mereka yang sudah di atas 40 tahun  dantidak mau mendengarkan ataupun menerima hal baru.

Itu sebabnya, jika kamu memulai usaha dari  usia segini, kamu memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pasar yang luas. Bahkan, kamu bisa mendapatkan ide-de unik yang  belum pernah dipikirkan pengusaha lain berikutnya. Misalnya, daur ulang mantan (omg).

2. Menjadi Bangga

Kamu pasti akan merasa bangga ketika kamu sudah bisa mendapatkan keinginan kamu tanpa harus merepotkan orang tua. Misalnya, kamu pengen nonton Konser Super Junior sambil ngajak gebetan, kamu sudah bisa beli tiket  konsernya sendiri.dan gebetan kamu ngga akan nolak kamu, karena dia yakin dikonser-konser selanjutnya bakalan kamu beliin tiket lagi.

Percaya deh, kalau orang tua kamu ngga pernah berharap dikasih apa-apa sama kamu, ngeliat kamu bisa hidup dengan baik aja orang tua kamu udah lebih bahagia. Palingan juga orang tua kamu cuma pengen cucu, kalo bisa yang secantik anaknya Gading Martin atau seganteng anaknya Ryan Delon. Dan kalau kamu udah sukses, meskipun wajah kamu pas-pasan, kamu masih bisa ngegebet Isyana atau Pevita lah.

3. Susah Sekarang Atau Susah Nanti?

now later

suskes dari sekarang via strongautomotive.com

Kalau ada temen kamu yang bilang, pikir nanti lah bro, masih muda juga. Padahal, pikiran itu lah yang biasanya buat kamu jadi semakin lama buat berkembang dan menjadi sukses.

Jadi, kalau sekarang teman kamus masih terlalu sibuk ngecengin adik semester, lupa skripsi dan bercita-cita jadi mahasiswa abadi, lebih baik mulai mikirin mau bisnis apa aja. Dan kamu bisa lihat apa yang terjadi beberapa tahun kemudian, ketika kamu sudah bisa pakai baju seragam atau punya bisnis, teman kamu masih bawa revisi skripsi dan ngejar-ngejar dosen. Parahnya lagi, adik semester yang dulu mereka kejar-kejar sekarang malah ngejar-ngejar kamu.

4. Masih Punya Tenaga Ekstra

Nah, ini juga bener banget. Pada usia20an, kamu bisa sanggup mengerjakan beberapa hal, misalnya disiang hari kamu bekerja dikantor dan malam hari menjadi freelance. Beda sama orang tua kamu, yang kalo abis lembur aja langsung minta kerikan dan mandi balsem.

Daripada kamu menghabiskan waktu buat buang-buang pulsa dan kuota buat update video Miyabi atau update instagram, mending kamu PDKT sama anaknya Aburizal Bakrie aja biar nanti dapet warisan. Eh, maksudnya mending kamu mulai bisnis kecil-kecilan samateman atau saudara kamu aja.

5. Tabungan Buat Nikah

tabungan-nikah

tabungan nikah via owger.com

Nah, poin terakhir ini menjadi salah satu poin penting buat kehidupan sosial kamu.Ya namanya juga Indonesia,kamu akan dibilang ngga sopan kalo ngga ngundang semua kenalan kamu ke resepsi, kaya amplopnya pada banyak aja :v.

Sekarang ini, biaya pernikahan dan resepsi bisa sampai ratusan juta, dan hampir semua orang pengen nikah sebelum usia30 tahun.Kalau kamu ngga mulai nabung dari sekarang mau resepsi pakai apa?

Oke. jadi masih mau hura hura terus? cuba kamu pikir lagi.. (al)

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Ana Luma

Ana Luma

Ana sangat suka menulis sejak di SMA, lulusan Ilmu Komunikasi ini kini meniti karir sebagai penulis lepas, mengelola akun social media, dan mengisi konten website.

Beri Komentar