counter

Udah Tau Belum Apa Aja Makanan Indonesia Yang Jorok Tapi Nikmat??

[mashshare]

Selain terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya, Indonesia juga dikenal dengan beragam kuliner yang nikmat dan mampu menggugah selera. Beberapa jenis makanan Indonesia saja masuk dalam daftar makanan terlezat teratas di dunia, yaitu Rendang Padang, Nasi Goreng dan Sate Madura. Tentunya salah satu penilaian makanan terlezat ini dilihat dari asal bahan dan proses pengolahannya. Untuk tiga jenis makanan ini, kita kasih jempol deh.. karena memang aslinya makanan ini sangat lezat, nikmat dan higienis.

Namun, ada juga lho makanan lezat asal Indonesia lainnya yang ternyata diolah dengan cara yang bisa dibilang jorok dan jauh dari kata higienis. Apa saja yaa…???

1.Ceker Ayam

Ditangan koki atau yang hobi masak, ceker ayam akan menjadi makanan yang sangat nikmat. Apalagi ditambah dengan bumbu-bumbu yang pas, rasanya bisa melebihi makan daging. Biasanya ceker ayam dijadikan santapan di lesehan angkringan ataupun dibuat dengan bumbu sambal pedas manis. Namun hati-hati kalau makan ceker ayam, kebanyakan ayam peternakan tumbuh dengan bantuan zat kimia yang disuntikkan di kaki dan sayap. Jika sering dikonsumsi, zat kimia tersebut akan berpindah ke tubuh kita (terutama perempuan) dan bisa mengakibatkan berbagai penyakit, salah satunya kanker rahim.

2. Tahu

Tahu dibuat dari bahan dasar kacang kedelai, makanan ini sendiri menjadi pilihan menu sehari-hari diatas meja makan. Tapi, tahukah kalian bagaimana proses pembuatannya jika diolah di pabrik tradisional? Biasanya, suhu didalam ruangan produksi tahu itu sangat panas, karena saat perebusan maupun penyaringan menghasilkan uap panas yang buat orang disekitarnya kepanasan. Kebayang gak sih saat proses penyaringan, pekerjanya memegang saringan tapi gak pakai baju!!! Duh.. keringet ditubuhnya bisa menetes-netes ke wadah penyaringan lho.. Mungkin itu kali ya yang buat rasa tahu sedikit asam (nebak aja,hihihii).

3. Saos Cabe

Ngeliat fotonya aja udah kebayang gimana proses pembuatan saos cabe dan saos tomat ala rumahan ini. Saat dicampur bakso emang enak sih, tapi kalau udah tahu gini cara pembuatannya, mikir dua kali lagi untuk nambahin saos ini. Tapi, gak semua pabrik atau home industri saos cabe dan tomat yang memproduksi kayak gini yaa..

4. Bihun

Sebenarnya kasus di foto ini terjadi di China, di salah satu perusahaan produksi bihun. Namun, kita juga perlu teliti saat memilih makanan bihun yang akan disantap. Rasanya sih nikmat kalau ditambah kuah dan bumbu yang pas. Tapi, kalau bihun yang kita makan tersebut ternyata sudah diinjak-injak bahkan ditiduri (bisa jadi diileri.hiiii), gak tau deh gimana makannya..

5. Bakso

Di Indonesia, bakso sapi menjadi makanan terenak yang bisa jadi pengganjal perut. Tapi kalau bahan dagingnya diganti dengan daging tikus tanpa kita ketahui, masih terasa enak gak ya? Apalagi tuh ada buntut tikusnya yang nonjol di bakso.. Semoga deh gak ketemu sama nih bakso..

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Ana Luma

Ana sangat suka menulis sejak di SMA, lulusan Ilmu Komunikasi ini kini meniti karir sebagai penulis lepas, mengelola akun social media, dan mengisi konten website.

Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.