Jangan Kaget, Inilah Tujuh Fakta Susu yang Jarang Diketahui Orang Banyak

tes-susu

Susu selama ini dikenal sebagai minuman kaya nutrisi dan vitamin berkhasiat yang sangat baik bagi tubuh. Utamanya, susu mengandung kalsium yang dipercaya baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Namun, ternyata ada kalanya susu juga bisa berbahaya dan tidak dianjurkan untuk diminum oleh orang dengan criteria kesehatan tertentu.

Ditambah, meminum susu juga harus memperhatikan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan. Berikut di bawah ini, lima fakta susu yang harus diketahui oleh orang banyak

1. Susu membantu pemulihan kondisi tubuh setelah sakit

Fakta Susu Pulihkan Kesehatan (Foto: mautips.com)

Fakta Susu Pulihkan Kesehatan (Foto: mautips.com)

Konsumsi susu dapat membantu pemulihan pasca sakit karena mengandung protein, kalsium, dan fosfor. Protein dalam susu dapat membentuk sel atau jaringan baru, sehingga membantu proses pemulihan. Protein ini yang kita kenal selama ini sebagai zat pembangun.

2. Minum susu sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak

Fakta Susu Sebelum Tidur Bisa Bikin Nyenyak (Foto: portalkesehatan.com)

Fakta Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Bikin Nyenyak (Foto: portalkesehatan.com)

Hormon yang dibutuhkan untuk membuat tidur tenang. Asam amino ini akan memicu atau menginduksi tidur dengan menaikan serotonin. Hormon serotonin berperan penting untuk membuat orang rileks dan tidur pada malam hari. Tetapi akan membuat terjaga penuh pada siang hari. Dengan catatan, sesudah minum susu segera berkumur atau alangkah lebih baik jika langsung menggosok gigi.

3. Minum obat tidak boleh dengan susu

Ini mungkin menjadi jawaban mengapa susu sering diberikan bagi penderita keracunan bahan kimia. Ternyata, susu mengurangi absorbsi antibiotik dalam tubuh, sehingga menghambat penyerapan tubuh terhadap komponen tertentu di dalam obat, misalnya zat besi. Beberapa obat seperti antibiotik mengandung tetrasiklik yang bereaksi dengan susu. Contoh lain, kandungan kalsium dalam susu dapat mengganggu efektivitas obat tiroid.

4. Susu membuat gigi rusak

Fakta minum susu sebelum tidur bisa merusak gigi (cuteabis.com)

Fakta minum susu sebelum tidur bisa merusak gigi (Foto: tochka.net)

Konsumsi susu apalagi di malam hari dapat merusak gigi. Kenapa? Karena saat tidur terutama malam hari, produksi saliva atau air liur secara otomatis berkurang. Nah, berkurangnya saliva inilah yang menjadi sarana bagi kuman di mulut berkembang dan mengubah susu menjadi asam. Asam ini yang menjadi awal pemicu terbentuknya lubang/karies gigi.

5. Susu menyebabkan diare

Bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa, bila mengonsumsi susu yang mengandung laktosa memang dapat menyebabkan diare. Untuk orang yang mengalami hal ini, dapat memilih susu yang tak mengandung laktosa, misalnya susu kedelai.

6. Susu membuat kulit halus

Fakta Susu Menghaluskan Kulit (wartakesehatancom)

Fakta Susu Menghaluskan Kulit (Foto: wartakesehatan.com)

Susu mengandung vitamin A dan D yang membantu membuat kulit halus dan sehat. Selain itu, mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam susu dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan sel kulit. Protein dan zat besi pada susu dapat memperlambat proses penuaan, asam laktat pada susu berperan melembapkan kulit dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang sehat.

7. Susu bisa untuk penderita Maag asal

Fakta Susu Untuk Penderita Maag (metrotvnewscom)

Fakta Susu Untuk Penderita Maag (metrotvnews.com)

Penderita maag tidak bisa langsung meminum susu begitu saja. Apalagi saat maagnya kambuh. Karena asam yang dikandung oleh susu dapat menaikkan aktivitas kelenjar lambung orang maag. Walau demikian, bukan berarti penderita maag sama sekali tidak boleh minum susu. Boleh saja. Asalkan sebelum minum susu, dianjurkan untuk meminum air putih dahulu. Tujuannya untuk menetralkan keasaman susu sehingga bisa diterima oleh lambung penderita maag. (*)

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar