Menggetarkan, Duo Palestina Ini Ubah Foto Bumihangus Gaza Jadi Grafis Perjuangan

Gambar Utama

Palestina, utamanya di Gaza, masih di bawah kangkangan Israel hingga saat ini. Perlawanan sengit dari para pejuang Hamas dijawab dengan hujan bom di wilayah tersebut, seperti yang terjadi pada 2014 silam.

Suasana yang mengerikan dan mencekam tersebut, boleh jadi membayangi warganya sehari-hari. Namun ternyata, masyarakat Palestina tidak ingin larut dalam kesedihan dan menyerah kepada keputusasaan. Apapun profesi mereka, sedikit ataupun banyak, mereka ingin memberikan sumbangsih kepada negri yang mereka cintai.

Duo Seniman Grafis Belal Khaled & Bushra Shanan

Duo Seniman Grafis Belal Khaled & Bushra Shanan (Foto: Facebook)

Seperti yang dilakukan oleh duo plaestina ini Bushra Shanan dan Belal Khaled. Meski tidak mengangkat senjata, mereka ‘berjuang’ dengan cara mereka sendiri. Keduanya kompak mengunggah foto-foto asap hasil ledakan bom tandan maupun bom besarlainnya menjadi karya grafis yang menggetarkan. Asap-asap yang tercipta dari ledakan besar itu tidak lagi menakutkan bagi mereka.

Malah, dari olah grafis yang mereka lakukan ada pesan yang ingin disampaikan, bahwa mereka tidak takut terhadap setiap agresi yang dilakukan oleh Israel.

Berikut gambar-gambar yang dishare keduanya di laman Facebook mereka:

1

2

3

4 5

6

7

8
Pesan kepada Masyarakat Internasional

Bushra Shanan mengatakan awal mula ia mengerjakan ‘proyek’ ini didasarkan pada perasaan tidak berdaya pada saat terjadi serangan besar-besaran di wilayah Gaza. Namun ia ingin berbuat sesuatu dengan keahliannya di bidang desain grafis. Tujuannya satu, ia ingin mengirimkan pesan politik dan mengungkapkan penderitaan yang dirasakan oleh orang-orang Palestina.

“Saya ingin menarik perhatian orang untuk apa yang terjadi di Gaza, terutama mereka di luar negeri, yang mungkin tidak tahu apa-apa,” kata Shanan kepada media lokal beberapa waktu yang lalu.

Ia melihat objek asap ada di mana-mana pasca malam-malam pengeboman yang mengerikan itu. Maka ia pun berpikir keras bagaimana bisa menyampaikan pesan-pesan itu secara artistik.

Sementara itu, seniman lain adaalah Belal Khaled fotografer yang berbasis di Gaza dan bekerja untuk kantor berita Turki Anadolu. Ia memposting sendiri gumpalan asap besar di laman Facebooknya.

Dalam salah satu gambar yang ia unggah itu, satu awan besar yang tercipta dari kepulan asap pengeboman diubahnya menjadi seni grafis, yakni dua ekor kuda dengan gagahnya seakan menyembul dari kobaran asap dan pantang menyerah untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan tanah airnya.

 

 

 

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar