Lima Tips Berguna Agar Dapur Tak Terasa Sempit

(Foto: dinday.xyz)

Dapur merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Namun karena luas tanah yang tidak memungkinkan, dapur seringkali mendapatkan porsi lebih kecil dibanding dengan ruangan lain yang ada di bangunan rumah. Jika demikian, apa yang dapat kita lakukan agar dapur yang mungil tidak terasa sempit?

Lima tips di bawah ini bisa jadi acuan untuk dapur anda agar tetap menarik dan nyaman:

  1. Jangan Gunakan Warna Gelap Pilih Warna Terang

Percaya atau tidak, warna mempunyai arti psikologi tersendiri. Warna terang memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit. Sedangkan warna gelap cenderung suram dan juga lebih sempit. Tidak hanya dinding, warna terang bisa juga diaplikasikan pada lukisan dinding serta akseoris lainnya. Selain itu penggunaan sentuhan logam, kayu atau tekstur bata akan menambah kesan modern.

  1. Gunakan Vertikal Space
(Foto: dinday.xyz)

(Foto: dinday.xyz)

Sering kali kita tergoda untuk menambah utilitas dapur namun ternyata malah menambah sempit ruangan. Jika demikian, Anda bisa mencoba ide vertical space. Yakni memanfaatkan ruang vertikal bagi penambahan alat dapur. Bisa berupa rak yang menggantung di dinding dapur. Tujuannya, memberikan ruangan yang lebih besar di lantai dan memungkinkan Anda nyaman bergerak selama memasak di dapur. Cerdas bukan?

3. Tanpa Jendela

Jika bangunan dapur masih ada belum ada, hindari jendela pada dapur kecil. Mengapa demikian? Karena jendela dapat membuat ruangan Anda terlihat semakin kecil. Jendela akan memakan space yang lebih luas. Tapi bagaimana jika nantinya gelap? Tentu saja kita tidak harus menggunakan penerangan lampu pada siang hari. Untuk kepentingan penerangan, solusi terbaik adalah dengan menggunakan langit-langit kaca. Atau, bisa juga anda menggunakan dinding kaca jenis konblok. Dan tetap usahakan untuk menyembunyikannya sehingga membuat dapur lebih luas.

  1. Seleksi Peralatan Dapur

Dapur Anda bukanlah etalase. Sangat bijak anda lebih baik menyimpan barang-barang dapur yang tidak anda gunakan setiap saat seperti Blender atau Coffee maker di dalam rak tertutup. Selain menjaga kerapian juga akan sangat berguna dalam menambah lapang dapur anda. Terus juga, bahan-bahan makanan yang biasanya ditata di atas meja, jika memungkinkan dapat anda susun di dalam kulkas agar dapur terlihat lebih rapi.

  1. Manfaatkan Ruang Kosong Dengan Pintar
Beautifull Small Kitchen 4

(Foto: lushome.com)

Anda dapat memanfaatkan ruangan kosong untuk meletakkan tempat sampah. Jika kabinet pada dapur Anda masih kosong dapat dimanfaatkan untuk menempatkan mug dan coffee maker. Pisau, sendok dan panci dapat Anda gantung pada dinding bukan menempatkannya di atas meja. Manfaatkanlah ruangan kosong untuk meminimalisir penggunaan area di dalam dapur. (DS)

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar