counter

Kenapa kucing takut timun? Dokter hewan menjawab!

Loading...
Beberapa sumber yang didapat dari beberapa ahli hewan, ternyata ada banyak pendapat tentang alasan kucing takut timun. Menurut Jill Goodman yang merupakan seorang ahli behavioristik mengatakan kenapa kucing taut timun terjadi karena si meong merasa terkejut dan reflek akan suatu stres pada hewan peliharaan.
Jill mengatakan bahwa perbuatan dari pemilik kucing yang mengagetkan kucing dengan menggunakan timun itu tidak baik untuk perilaku kucing kedepannya.
John Bradshaw pun setuju dengan pendapat Jill Goodman.

Beliau yang merupakan seorang ahli behavioristik dari University of Bristol ini beranggapan bahwa hubungan antara kucing dan timun yang menyebabkan kucing ketakutan adalah sebuah respon alami yang akan dilakukan oleh kucing saat ada benda yang membuatnya kaget.
Bradshaw berpendapat bahwa kucing merasa aneh saat melihat timun yang hanya diam saja di lantai.
Warna timun yang hijau itu mungkin dianggap sebagai ular yang berbahaya bagi kucing. Jadi itulah alasan mengapa kucing takut dengan timun.
IFL Science akhirnya turut memberikan pendapat tentang apa yang membuat kucing takut dengan timun. Sebenarnya respon kucing itu bukanlah pertanda bahwa kucing takut dengan timun.
Sebenarnya kucing merasa kaget dan aneh akan sesuatu yang berda di sekitarnya secara tiba-tiba dan bahkan seperti sedang mengendap di lantai juga. Kejadian tersebut bukan hanya terjadi pada timun saja, namun apapun yang sifatnya aneh dan tiba-tiba bagi si kucing.

Seorang dokter spesialis, Dr. Roger Mugford, juga mneyatakan bahwa reaksi kucing tersebut bisa terjadi karena si kucing tidak berekspektasi bahwa ada timun yang berada di belakanganya karena kucing itu sangat fokus pada apa yang ada di depannya.
 
Lalu bagaimana caranya menghilangkan rasa takut kucing akan timun?

 
Sebagai seorang pecinta kucing tentu saja kita tidak ingin reaksi spontan kucing kita akan berpengaruh buruk padanya.
Mungkin dalam video yang viral tersebut si kuicng yang takut akan timun terlihat menggemaskan sekali. Namun sayangnya hal itu bisa berakibat buruk bagi si meong.
Kucing Anda akan semkain takut jika stimulus sering terjadi berulang-ulang, apabila terlalu sering maka ketakutan tersebut akan direkam dalam memori si kucing selamanya.
Kesimpulannya adalah,
Jika kita membawa sesuatu yang baru ke dalam rumah maka hal tersebut akan berpotensi untuk menjadi sarana uji mental yang terbaik bagi kucing Anda.
Namun Anda juga harus ingat bahwa cara terbaik untuk mengenalkan hal-hal baru pada kucing itu bukanlah dengan cara membuat mereka takut akan hal baru tersebut.

Walaupun memang tingkah kucing yang ketakutan membuat Anda tertwawa, namun hal itu akan berakibat gatal seperti halnya sesuatu yang berbahaya lainnya seperti barang pecah belas atau piring yang terjatuh dan melukai kucing Anda seperti.
Kejadian tersebut dapat membuat kucing menjadi stres dan trauma. Hal inilah yang akan terjadi berkepanjangan karena kucing mempunyai memori yang cukup baik.
Jika Anda ingin mengenalkan benda baru kepada si kucing, sekiranya pilihlah hal atau benda yang positif bagi kucing Anda.
Tentunya sekarang Anda sudah tahu mengapa kucing takut mentimun. Karena itulah jangan sering bercanda dengan kucing Anda secara berlebihan karena kucing Anda akan trauma terhadap suatu hal.

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Ana Luma

Ana Luma

Ana sangat suka menulis sejak di SMA, lulusan Ilmu Komunikasi ini kini meniti karir sebagai penulis lepas, mengelola akun social media, dan mengisi konten website.

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.