Kamu Sering Merasa Sendirian? Jangan Sedih! Soalnya, Ada 9 Manfaat Kesendirian Itu

Sendiri

Sebagai mahluk sosial, tentu kita sedih juga ya jika merasa hidup sendirian. Tak ada teman untuk curhat dan berbagi. Tapi, siapa sangka ternyata kesendirian itu bisa mendatangkan manfaat untuk kamu?

Nggak percaya?

Coba deh intip 9 manfaat waktu sendiri kamu di bawah ini:

1. Kamu bisa menjadi lebih kreatif dari biasanya

Manfaatkan kesendirian untuk lebih kreatif (Foto: Instagram/dustyart4)

Manfaatkan kesendirian untuk lebih kreatif (Foto: Instagram/dustyart4)

Ketika mengerjakan sesuatu, biasanya kamu membutuhkan waktu di mana kamu benar-benar sendiri untuk mengerjakannya. Dan di saat ini kamu tidak akan membatasi kreatifitas karena tidak akan ada orang yang berkomentar tentang yang sedang kamu kerjakan itu.

2. Kamu akan bekerja lebih keras

Kamu bisa fokus kerja keras saat sendirian (Foto: simplyhired.com)

Kamu bisa fokus kerja keras saat sendirian (Foto: simplyhired.com)

Bekerja sendirian akan membuat kamu bekerja lebih keras dari biasanya dan ini akan membuat kamu tidak bermalas-malasan dan lebih semangat untuk mencapai target yang sudah dibuat.

3. ‘Me time’ akan membantumu untuk membersihkan pikiranmu

Me time (Foto vogue.com.au)

Me time (Foto vogue.com.au)

Me Time bisa membuat otak beristirahat dari aktivitas yang sering kamu lakukan selama ini dan melepaskan semua beban yang ada. Seorang pakar psikologi, Sherrie Bourg Carter, mengatakan bahwa “Melepaskan dirimu dari segala gangguan akan memberikan kesempatan bagimu buat membersihkan pikiranmu, fokus, dan berpikir lebih jernih. Ini adalah kesempatan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuhmu dalam waktu yang sama”.

4. Kamu dapat melakukan apa yang memang ingin kamu lakukan

Sendirian dengar musik (Foto: smartmama.com)

Sendirian dengarkan musik kesayangan (Foto: smartmama.com)

Mungkin kalimat ini terdengar klasik, tapi ketika sendirian, kamu memilki kuasa secara penuh terhadap apa yang ingin kamu lakukan terhadap dirimu. Kamu tidak lagi bergantung pada orang lain untuk membuat rencana atau melakukan sesuatu. Tidak hanya itu, kamu juga bebas untuk melakukan apa yang betul-betul ingin dilakukan.

5. Kamu akan lebih memahami dirimu sendiri

Manfaatkan kesendirian untuk Merenung (Foto telegraph.co.uk)

Manfaatkan kesendirian untuk merenung (Foto: telegraph.co.uk)

Di waktu momen kesendirian, kamu dapat menjadi dirimu yang sebenar-benarnya. Mungkin kamu baru menyadari bahwa selama ini ternyata tidak pernah memberikan waktu untuk mengetahui bagaimana dirimu sebenarnya. Memberikan waktu untuk sendiri bukan berarti menjadi penyendiri. Memberikan waktu sendiri adalah memutuskan dirimu dari hubungan luar sesaat untuk mengetahui bagaimana dirimu yang sebenarnya.

6. Sendiri di akhir pekan merupakan sebuah kemewahan

Kesendirian itu mewah (Foto tatfoundation.org)

Kesendirian itu mewah (Foto: tatfoundation.org)

Kamu bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari berbagai gangguan. Coba hitung lagi, berapa banyak waktu yang kamu habiskan bersama orang lain setiap harinya? Bekerja bersama tim-mu di kantor, bertemu klien, kumpul dengan keluarga, belajar kelompok dengan teman kuliah, berinteraksi dengan orang lain lewat media sosial: banyak hal yang bisa jadi membuatmu lupa pada diri sendiri. Kamu perlu mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari pekerjaan dan segala hal yang mungkin mengganggu pikiranmu. Sejenak dirimu butuh menyendiri dan bebas dari segala macam distraksi.

7. Belajar atau membaca memang lebih baik jika dilakukan saat sendiri

Sendiri lebih enak membaca buku (Foto: volunteerrutherford.com)

Sendiri lebih enak membaca buku (Foto: volunteerrutherford.com)

Karena kemampuan fokus dan daya ingatmu sedang berada di level yang paling tinggi. Richard Arum dan Josipa Roksa dalam buku Academically Adrift: Limited Learning on College Campuses menyebutkan bahwa cara belajar siswa akan otomatis mempengaruhi nilai akademisnya. Dan siswa yang memilih belajar sendirian disebutkan punya nilai akademis jauh lebih baik daripada siswa yang memilih belajar kelompok atau bersama-sama.

8. Ketika mau melakukan segala sesuatunya sendiri, berarti kamu sahih punya kepercayaan diri yang mumpuni

Sendiri itu bukti kamu PD (Foto: bookboon.com)

Sendiri itu bukti kamu PD (Foto: bookboon.com)

Saat bisa merasa nyaman sendirian, berarti kamu telah menjalin hubungan yang baik dengan dirimu. Kamu nyaman dengan apa yang kamu miliki dan seutuhnya dirimu. Di saat inilah kamu bisa mengingat kebaikan dan hal-hal positif yang memang kamu punya.

9. Kamu sudah menjadi pribadi yang mandiri

Sendiri itu cermin kemandirian (Foto: uts.edu.au)

Sendiri itu cermin kemandirian (Foto: uts.edu.au)

Dengan sendiri, kamu akan melakukan segala sesuatu sendiri. Pribadi yang mandiri akan tumbuh dengan sendirinya di dalam jiwamu, dan itu akan membuat orang lain bangga, percayalah!

 

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Sri Jayanti

Sri Jayanti

Saya lebih suka menyebut diri saya sebagai Penulis Harian, karena saya selalu menulis di setiap harinya.

Beri Komentar