Kamu Pasti Nyesel Setelah Tahu 11 Jenis Bahaya Sampah Plastik Ini!

Gambar Utama

Siapa yang bisa lepas dari plastik? Inilah hasil teknologi terbaik anak manusia. Namun tak disangka ada banyak bahaya besar di belakangnya.

Di dalam kehidupan sehari-hari, tidak bisa dipungkiri bahwa kita selalu menggunakan bahan baku plastik dan berakhir menjadi sampah. Dua bulan terakhir, pemerintah sudah mengajak kita untuk mengurangi sampah plastik dengan cara mengganti kantong plastik belanja dengan kantong yang berbahan kain. Jika kita tidak, maka kita harus dengan suka rela membayar kantong plastik itu dengan harga Rp. 200,-.

Sebenarnya dengan kita membawa kantong berbahan kain itu sangat membantu pengurangan sampah yang bahayanya sudah bisa kita rasakan. Bukan bahaya untuk kita saja, namun untuk lingkungan, alam, hewan, tumbuhan, dan lainnya.

Ini dia 11 fakta yang berbahaya dari sebuah sampah plastik

01 Sampah Plastik Daur Ulang (Foto yupazq blogspot com)

Sampah Plastik Daur Ulang (Foto: Blogger/yupazq)

1. Orang yang ada di Amerika dan Eropa menggunakan plastik 100kg/tahun. Sementara di Asia rata-rata setiap orang menggunakan plastik sebanyak 20kg/tahun. Jumlah penggunaan ini berlaku satu orang per tahunnya lho. Bisa dibayangkan jika dikalikan dengan seluruh jumlah penduduk. Wow, mengerikan, dimanakah puluhan ton, ratusan ton sampah plastik itu?

02 Albatros dan hewan laut lain sering salah memakan plastik (Foto Wikimedia org)

Albatros dan hewan laut lain sering salah memakan plastik yang dikira makanannya (Foto: Wikimedia.org)

2. Plastik bisa menjadi salah satu polusi dan ancaman bagi ekosistem di laut. Misalnya saja banyak hewan-hewan laut yang menelan sisa-sisa plastik karena mengira itu makanan. Misalnya jenis hewan laut yang bernama Albatrose. Hewan ini sering mengira plastik adalah cumi-cumi. Sementara kura-kura sering menelan plastik karena mereka mengira itu ubur-ubur. Akibat menelan plastik itu, mereka bisa mati karena plastik menyumbat di saluran pencernaan. Green Peace menyatakan sekitar 267 binatang laut mati karena salah pencernaan, dan 90% akibat menelan sisa-sisa plastik.

03 Sampah Plastik di darat sulit menyatu dengan tanah(Foto Republika Co id)

Sampah Plastik di darat sulit menyatu dengan tanah (Foto: Republika.co.id)

3. Sampah plastik yang ada di darat juga memiliki bahaya karena sampah plastik sulit untuk bisa menyatu dengan tanah. Akibatnya jika sampah plastik tidak dikelola dengan baik dan tidak diletakkan pada tempatnya, maka sampah plastik ini bisa menjadi penyebab utama terjadinya bencana banjir.

04 Pembakaran sampah plastik menimbulkan gas Karbon Monoksida OK(Foto Tempo co)

Tumpukan Sampah Plastik (Foto: Tempo.co)

4. Sampah plastik membutuhkan waktu 1.000 tahun untuk bisa terurai dan menyatu dengan tanah. Waktu ini sangat lama. Jika setiap tahun, Indonesia bisa menghasilkan ratusan ton sampah plastik, maka berapa banyak sampah plastik yang harus tertimbun dulu jika butuh waktu penguraian selama 1.000 tahun lamanya?

 Sampah dibakar timbulkan gas karbon monoksida (Foto: Tempo.co)

Sampah dibakar timbulkan gas karbon monoksida (Foto: Tempo.co)

5. Sampah yang dibakar akan menghasilkan karbon-monoksida (CO) yang bila terhirup manusia dapat mengganggu fungsi kerja hemoglobin (sel darah merah) yang semestinya mengangkut dan mengedarkan oksigen (O2) ke seluruh tubuh.Kekurangan O2 ini bisa menimbulkan kematian. Sebagai gambaran kasar, satu ton sampah yang dibakar akan berpotensi menghasilkan gas CO sebanyak 30 kg.

06 Sampah Plastik (Foto dearryk com)

Sampah Plastik (Foto: dearryk.com)

6. Sampah yang berbahan plastik bukan hanya kantong belanjaan saja, tapi botol minuman yang menjadi sampah juga lebih banyak terbuat dari plastik. Rata-rata setiap orang menggunakan sekitar 168 botol plastik setiap tahunnya. Setiap hari 100 juta botol plastik digunakan di seluruh dunia. Jadi, sekitar 86% botol plastik yang ada masih belum di-recycle dan ada sekitar 1500 botol berakhir di lautan setiap detiknya.

07 Tas Kain (Foto WordPress javaslanggeng)

Tas Kain (Foto: WordPress/javaslanggeng)

7. Iya, sudah tidak ada cara terbaik selain mengganti kantong plastik dengan tas kain. Tas kain paling cepat akan rusak selama 6 minggu. Ini berarti kita sudah mengurangi penggunaan kantong plastik sebanyak 24 buah, 288 buah setahun dan sekitar 22.176 dari rata-rata umur manusia. Beberapa negara sudah mengenakan pajak untuk penggunaan kantong plastik. Ini dimulai oleh Irlandia tahun 2002. Dengan cara ini mereka sudah menggurangi penggunaan kantong plastik sebanyak 90%. Mari masyarakat Indonesia ikut mendukung program pemerintah ini.

08 Sampah Plastik (Foto WordPress Jujubandung)

Sampah Plastik (Foto: WordPress/Jujubandung)

8. Ternyata, dalam proses pembuatan botol plastik juga sangat menghabiskan energi. Untuk membuat satu botol plastik menghabiskan 3-5 liter air. Dalam setahun pabrik plastik botol sudah membuang sekitar 2.500.000 ton CO2. Kebayang ya betapa banyak polusi udara yang sudah dihasilkan? Makanya dari pada membeli minuman dari botol plastik, kita bawa aja sendiri botol minum atau tumbler dari rumah.

09 Kode Plastik (Foto parenting co id)

Awasi Kode Plastik di kemasan yang anda gunakan (Foto: parenting.co.id)

9. Botol plastik juga berbahaya bagi kesehatan. Bahan dasar dari botol plastik adalah bisphenol-A atau BPA. BPA ini juga sering digunakan untuk membuat wadah-wadah plastik untuk kemasan makanan. Ketika plastik berkali-kali dicuci dan terkena panas, bahan ini akan menguraikan racun yang berbahaya untuk tubuh, terutama keseimbangan hormon. Beberapa negara sekarang sudah melarang penggunaan bahan yang mengandung BPA untuk kemasan makanan atau botol minum. Cek deh, apa botol minuman kita sudah BPA-free. Dan pastinya yang lebih aman adalah tidak menggunakan botol plastik.

10 Sampah Plastik (Foto Suara com)

Pulau Sampah Plastik yang kotori ekosistem air (Foto: Suara.com)

10. Plastik adalah sampah yang sangat berbahaya, bahkan pun ketika mereka sudah didaur ulang. Ketika didaur ulang, kandungan racun petro-polymers-nya masuk ke dalam tanah dan air. Dalam jangka panjang, racun ini masuk dalam partikel-partikel kecil dan ikut ada dalam jalur rantai makanan manusia. Secara gak langsung kita menelan plastik juga, kan?

11 Mengerikan Pacific Trash Vortex (Foto aspireacademiccoaching com)

Mengerikan! Pacific Trash Vortex (Foto: aspireacademiccoaching.com)

11. Saking banyaknya sampah, terutama sampah plastik yang mengapung di lautan, akhirnya muncullah Pacific trash vortex atau dikenal juga dengan sebutan the great pacific garbage patch. Ini merupakan kumpulan sampah yang membentuk semacam pulau-pulau kecil di lautan Pasifik. Jumlahnya ada beberapa dan setiap kumpulan itu terdiri dari sampah yang mengapung.Lagi-lagi sampah yang paling banyak adalah sampah plastik. Ukuran luas tiap ‘pulau’ sampah ini berbeda-beda. Ukurannya berkisar 700.000 kilo meter persegi hingga 15.000.000 kilo meter persegi. Ada beberapa yang memperkirakan kalau luasnya kalau gabung, menjadi dua kali luas Amerika serikat.

Ngeri banget kan yaaahh…
Mulai sekarang, yuukk kita sama sama menggunakan kantong yang berbahan kain, agar bisa digunakan berkali-kali. Kemudian, kita juga bisa selalu membawa botol minumanm seperti tumbler, agar kita cukup isi ulang air minum. Dan itu juga bisa menghemat pengeluaran kita, kan?

 

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Sri Jayanti

Sri Jayanti

Saya lebih suka menyebut diri saya sebagai Penulis Harian, karena saya selalu menulis di setiap harinya.

Beri Komentar