Kamu Deja Vu apa Deja Vecu? Atau Jangan–Jangan ….

Gambar Utama

Kamu pasti sering denger orang bilang “Duh, gue Deja Vu nih”, atau mungkin kamu yang bilang itu. Deja Vu itu adalah kejadian di mana kamu ngerasa udah pernah melihat suatu kejadian sebelumnya. Tapi tahu nggak kalo fenomena Deja Vu itu sendiri banyak jenisnya? Nah lho..

Yuk disimak jenis-jenis fenomena psikologis berikut ini. Agak horor dikit gak apa-apa yah.. :)

1. Jamais Vu

01 Jamais-vu (Foto zidbits com)

Jamais-vu (Foto: zidbits.com)

Kalau Jamais Vu, itu berarti kejadian di mana kamu merasa belum pernah ngerasain sebelumnya, padahal kejadian itu udah sering kamu alami. Misalnya nih, kamu sering ke tempat A, tapi pas ke sana kamu justru ngerasa asing. Diingat-diingat juga masih saja gak bisa nah itu namanya Jamais Vu.

2. Deja Visite

02 Deja Visite (Foto mentalizer com)

Deja Visite (Foto: mentalizer.com)

Deja Visite sendiri adalah kejadian dimana kamu ngerasa kenal dengan tempat yang baru kamu kunjungi pertama kalinya. Kebalikan dari Jamais Vu dan mirip Deja Vu gitu, tapi ini sih lebih ke geografis atau lokasi gitu.

3. Deja Vecu

03 Deja Vecu (Foto vivanews com)

Deja Vecu (Foto: vivanews.com)

Deja Vecu adalah kamu merasa pernah mengalami sebuah kejadian sebelumnya. Tapi nyatanya tidak. Beda dengan Deja Vu, kalau Deja Vecu ini baru sebatas “merasa”. Ini sih masyarakat sering salah antara Deja Vu dengan Deja Vecu.

4. Presque Vu

04 Deja-Vecu (Foto ultraimg com)

Deja-Vecu (Foto: ultraimg.com)

Presque Vu, ini adalah dimana kamu inget sama suatu hal, tapi itu kamu lupa namanya apa, dan itu kata udah di ujung lidah tapi nggak muncul – muncul juga. Eh pas nggak dibahas, inget deh kata–kata itu. Fenomena psikologis ini sering banget terjadi di tengah pembicaraan biasanya.

5. L’esprit de l’escalier

05 what i wanrt to say L esprit de l escalier (Foto Blogger)

L’esprit de l’escalier (Foto: Blogger)

L’esprit de l’escalier itu suatu kondisi kesadaran setelah lewat momennya. Kalau dikondisikan bisa seperti lagi berantam dengan pasangan, trus kamu baru inget kesalahan pasangan, setelah bertengkar hebat itu. Pas nyampe rumah baru deh inget “Duh, kenapa tadi nggak bahas soal dia pernah selingkuhin gue ya.”. Telat deh nge-hit pasangan.

6. Capgras Delusion

06 Capgras Delusion (Foto io9 com)

Capgras Delusion (Foto: io9.com)

Capgras Delusion adalah delusi di mana kamu ngerasa orang-orang terdekat kamu itu dituker oleh penyamar atau alien. Dalam bahasa medis adalah orang–orang yang menderita schizophrenia.

7. Fregoli Delusion

07 fregoli-delusion (Foto ronnykens wordpress com)

Fregoli delusion (Foto: wordpress/ronnykens.com)

Kalau Fregoli Delusion, itu adalah momen di mana kamu ngerasa semua orang terdekat kamu itu adalah satu orang yang sedang berganti peran. Ribet ya? Kasihan bener jika terjebak dengan delusi seperti ini dalam waktu yang lama.

Nah, sekarang kamu udah bisa dong bedain, kamu lagi Deja Vu apa Deja Vecu. Jangan ketuker lagi ya.

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

irenasheyladini

irenasheyladini

Cuddling with coffee and internet.

Beri Komentar