Kamu Berani? Perempuan Australia Ini Sanggup Bertahan Hidup Tanpa Uang Selama 1 Tahun

Gambar Utama -- Jo Nemeth Setahun Hidup Tanpa Uang

Siapa bilang, uang adalah segalanya? Buktinya, seorang perempuan asal New South Wales, Australia sukses hidup satu tahun penuh tanpa menggunakan uang satu sen pun!

Weleh-weleh, bagaimana ceritanya ya?

Adalah Jo Nemeth nama perempuan itu. Bukan karena ia tidak punya uang ataupun ia tidak punya pekerjaan. Melainkan semua dilakukannya dalam rangka untuk mengurangi berbagai dampak buruk terhadap lingkungan dan masyarakat.

Jo Nemeth Setahun Hidup Tanpa Uang dengan kebun mininya

Jo Nemeth di tengah kebun mininya yang banyak membantunya mandapatkan makanan (Foto: northernstar.com.au)

Ia merasa sangat berdosa dengan jejak karbon yang ia tinggalkan dari barang-barang yang ia beli. Jo mengatakan keputusannya untuk menjalankan tekadnya itu benar-benar didorong oleh keinginan untuk membantu planet ini.

“Hal yang benar-benar membuat saya sadar adalah banyak sekali barang yang saya beli ternyata berdampak pada sisi planet bumi lainnya, orang-orang yang saya tidak akan pernah temui,” katanya.
Menurutnya, semua barang plastik yang  diimpor dari China, semua komponen barang-barang elektronik dan itu membuat seorang Jo merasa sedih dan bingung.”Saya sangat terbebani oleh fakta itu dan saya ingin melakukan sesuatu tapi saya tidak tahu mau melakukan apa,” lanjut dia. Lagian, menurutnya dengan tetap berada pada gaya hidup yang sebelumnya, ia  akan senantiasa terbebani dengan tagihan dan uang sewa.
Akhirnya, Jo sampai pada kesimpulan, “Saya pikir, setidaknya dengan hidup tanpa uang sepeserpun seperti ini saya tidak membuat situasi tambah parah dan menimbulkan dampak ekologi sebagaimana saya lakukan sebelumnya,” katanya kepada media setempat.
Untuk menjalani tekadnya hidup tanpa uang sepeserpun, Jo Nemeth berhenti dari pekerjaannya sebagai staf pengembangan masyarakat di LSM Casino Neighbourhood Center pada Maret 2015 lalu. Begitu Jo berhenti bekerja dan tidak menerima uang, ia pun mulai berhenti menggunakan uang.
Lantas bagaimana cara Jo memulai hidup baru tanpa uang dan menjalani hari-harinya?
Jo mulai dengan mengabarkan hal itu kepada teman-temannya. Mulanya Jo berpikir teman-temannya akan menertawakan ide anehnya. Tenyata mereka justru menilai itu keren dan semakin menambah semangat Jo untuk memulai.
Beberapa teman mulai meminjamkan sebagian tanahnya kepada Jo di Koonorigan, dekat Nimbin New South Wales.
Jo Nemeth Setahun Hidup Tanpa Uang Ruangan pondoknya

Jo Nemeth Di Salah Satu Ruangan Pondoknya (Foto: northernstar.com.au)

Di atas tanah itu, Jo membangun sebuah gubuk yang ditenagai sinar surya dan menggunakan barang-barang daur ulang. Jo tak ingin hidup gratis. Sebagai ganti uang sewa tanahnya itu, dia bekerja merawat bunga anggrek milik teman-temannya.
Untuk kebutuhan makan sehari-hari, ia menonsumsi makanan yang ditanamnya sendiri. Terkadang pula tetangga kiri-kanannya memberikan makan malam untuknya.
Untuk memasak, Jo menggunakan kompor kayu bakar dan air yang ia dapat dari menampung air hujan.
Awalnya ia mengaku khawatir, berapa banyak makanan yang perlu ditanam. Ia takut kekurangan. “Tapi ternyata untuk memberi makan satu orang jumlah yang diperlukan sangatlah sedikit,” ujarnya.
Sedangkan untuk kebutuan mandi, Jo memulung bekas sabun dan demi mendapatkan air hangat, ia menjemur satu ember plastik hitam di bawah sinar matahari. Sedangkan untuk kertas toilet, Jo meminta serbet kertas bekas yang didaur ulang dari sebuah kafe.
Tantangan terberat yang harus ia jalani adalah soal perawatan kesehatan. Meski hidup sederhana tanpa uang, ia tidak mengabaikan kesehatannya. Ia sempat menumpang untuk mengunjungi dokter guna memeriksakan kesehatannya. Untungnya biaya dokter itu gratis.
Kalimat menarik yang ia ucapkan, “Lantaran hidup tanpa uang, maka Saya sepenuhnya bergantung pada sistem”, ujarnya.
Tepat di bulan Maret 2016, tepat pula setahun ia menjalani hidup tanpa uang sama sekali. Hidup yang cukup berat bagi seseorang yang telah terbiasa dengan fasilitas yang hanya bisa didapat dengan uang.
Namun, bukan “Tanpa Uang”-nya yang membanggakan Jo. Melainkan, keberhasilannya dalam mengurangi jejak karbon dari perilaku hidupnya.
Jo Nemeth Setahun Hidup Tanpa Uang Tetap Bahagia

Jo Nemeth Setahun Hidup Tanpa Uang Tetap Bahagia (Foto: northernstar.com.au)

“Saya berhasil mengurangi jejak karbon sekitar 80-90 persen, tapi jika orang lain juga bisa mengurangi jejak karbon mereka 40-50 persen saja maka hal itu akan memberi banyak perubahan pada upaya kita menjaga kenaikan suhu Bumi di bawah 2 derajat,’ katanya lagi.
Nah, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?
    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar