Ini Dia Makanan Sehat Paling Menipu Di Dunia !

salad-hating_0

Makin canggih zaman, makin banyak junk food beredar. Tapi sayangnya, awareness mereka yang ingin hidup sehat ini, nggak diiringi dengan pengetahuan mereka tentang kandungan makanan. Jangan dikira buah atau sayur itu semuanya baik. Justru mereka punya efek buruk yang sama dengan makanan berlemak kadar tunggu.

 1. Roti Tawar Putih

Roti tawar putih merupakan makanan pokok di beberapa negara. Nyatanya, roti ini tak menyumbang nutrisi apa pun bagi tubuh. Justru, roti ini mengandung banyak gula dan tetap tak bisa mengenyangkan pemakannya.

SEBAIKNYA : Kamu mulai mengganti roti putih dengan roti gandum yang lebih kaya serat.

2. Sumber protein

Tubuh memerlukan asupan protein setiap harinya. Bahan makanan yang paling disukai dan mudah didapat untuk sumber protein adalah daging ayam. Bahayanya, kebanyakan orang malah mengolahnya menjadi ayam goreng. Semua orang tahu bahwa segala makanan yang digoreng pastilah lezat namun berbahaya bagi kesehatan.

SEBAIKNYA : Sekarang mulai memasak ayam dengan dikukus atau dipanggang. Gorengan memang enak, tapi waspadalah terhadap tekanan darah dan tingkat kolesterolmu.

3. Salad dengan saus krim

 

Saat berpikir untuk memulai pola hidup sehat, orang – orang biasanya mulai beralih ke buah dan sayur atau kombinasi keduanya, biasanya mereka mulai mengkonsumsi salad. Salad memang bernutrisi karena tersusun atas sayuran, buah, dan bahan rendah kalori lainnya. Akan tetapi jarang orang memperhatikan saus salad yang mereka konsumsi. Bahan krim yang ada dalam saus salad ternyata mengandung banyak lemak dan kalori. Sedikit saus saja bisa mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan seisi mangkuk salad.

SEBAIKNYA : Mulai sekarang kamu mengonsumsi saus berbahan minyak sayur. Selain ringan untuk pencernaan, saus yang satu ini punya kalori yang lebih sedikit.

4. Nasi putih

Di beberapa negara Asia, khususnya Indonesia, nasi putih menjadi menu wajib. Bisa dibilang belom makan nasi belom makan namanya. Padahal sebelumnya udah makan kentang goreng, mi goreng, dan makanan yang mengandung karbohidrat lainnya. Nasi membuat tubuh menyimpan lemak ketika tak dibutuhkan. Selain karbohidrat, tak ada lagi kandungan gizi yang dimiliki nasi.

SEBAIKNYA : Kalau kamu memang ingin memulai hidup sehat, ada baiknya mengganti beras putih ke beras merah yang lebih banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Dan lagi beras merah membuat rasa kenyang lebih lama.

5. Sirup Jagung

Sebagai penunjang pola hidup sehat, banyak orang – orang yang mengganti gula dengan sirup jagung karena kadar kalorinya yang rendah. Biasanya digunakan ketika menikmai pancake. Nyatanya sirup jagung dapat membuat seseorang mengalami pertambahan berat secara cepat. Dan lagi seseorang yang mengonsumsi sirup jagung lebih besar kemungkinannya untuk makan makanan manis yang lain. Dan jika makanan manis dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan diabetes.

SEBAIKNYA : Kalau memang mau mengganti gula, sebaiknya gunakan buah saja.

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

irenasheyladini

irenasheyladini

Cuddling with coffee and internet.

Beri Komentar