Ih Keren! Inilah 10 Momen Ikonik Twitter di Tanah Air

Kekuatan Sosial Media tidak diragukan lagi, telah memberikan dampak yang sangat luas. Twitter contohnya. Tidak lagi hanya sebatas baris sederhana sepanjang 140 karakter saja. Layanan micro blogging ini ternyata sangat powerful menggerakkan massa dunia maya hingga berwujud gerakan sosial secara nyata.

Dalam rangka 10 tahun keberadaannya di tanah air, Twitter mengenang 10 momen ikonik netizen tanah air. Ada yang unik, kreatif namun adapula yang bahkan mampu menjadi penggerak gerakan sosial.

Apa saja itu?

1. #KoinUntukPrita

Semua netizen pasti akan bangga mengenang masa-masa perjuangan mendukung Ibu Prita Mulyasari melawan Rumah Sakit Omni Internasional.  Ia dituduh melakukan tindakan pencemara nama baik, atas unggahan keluhannya di social media. Akibatnya, Prita pun dipenara dan harus bayar denda Rp 204 juta.

Tidak terima dengan kondisi sewenang-wenang itu, membuat para netizen geram. Merekapun langsung melakukan kampanye pembebasan Ibu Prita dan gerakan donasi melalui tanda pagar (tagar) #KoinUntukPrita.

Selama berminggu-minggu, tagar tersebut menjadi trending topic netizen Indonesia pada Desember 2009 silam. Bersatu padu melalui tagar #KoinUntukPrita, netizen membantu Prita dengan mengumpulkan uang recehan yang jumlahnya malah mencapai Rp 650 juta untuk menebus bebannya.

2. @JalinMerapi

Meletusnya Gunung Merapi pada Oktober 2010, telah menimbulkan banyak simpati dari anak negeri. Banyak yang kemudian memutuskan untuk menjadi relawan kemanusiaan. Selebihnya, mereka dengan sukarela menyumbangkan harta benda mereka untuk membantu mengurangi penderitaan para korban.

Ingin melebarkan jangkauan informasi seluas-luasnya, Jaringan Informasi Lingkar Merapi kemudian meluncurkan akun @JalinMerapi. Akun tersebut berkoordinasi dengan radio komunitas dan masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Merapi untuk mendistribusikan informasi real-time tentang situasi di sana.

3. #DemiMetallica

Kedatangan band rock legendaris papan atas Metallica ke tanah air, telah melahirkan hype para penggemarnya lintas generasi. Mereka bahkan membuat tagar #DemiMetallica yang merekam dan memamerkan usaha mereka dalam upaya mendapatkan tiket kosernya. Ada yang jualan baju, stiker, hingga ikut kuis. Semua dilakukan #DemiMetallica.

4. #SelamatDatangLFC

The reeds

Foto: @twitterID

Masih di tahun 2013, muncul tagar #SelamatDatangLFC  yang sempat menghebohkan jagat Twitter basis Indonesia. Mereka membicarakan kedatangan tim sepakbola Liverpool. Tim yang dijuluki “The Reds” itu untuk kali pertama mengunjungi Indonesia. Euforia bergema kencang saat itu.

5. @jokowi

Pemilihan presiden tahun 2014 lalu juga ramai di jagat sosial media. Presiden RI Joko Widodo (@jokowi) menang pada pemilihan tersebut yang dihelat pada bula Juli itu. Sejak awal 2014 hingga Jokowi terpilih, ada lebih dari 95 juta kicauan bertebaran di ranah Twitter terkait pemilu.

6. #SaveKPK

savekpkindonesia

Foto: Wordpres.com – ririsatria40

Komisi Pemberantasan Korupsi adalah simbol dalam melawan penyakit akut bernama korupsi di tanah air. Sepak terjang KPK dalam menggulung koruptor telah mendapat tempat di hati masyarakat. Maka jika ada yang berani mengusik, tak heran masyarakat akan bereaksi keras. Apalagi di ranah jagat maya.

Semua tentu masih mengingat dengan jelas bagaimana netizen menanggapi penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto, pada Januari 2015 lalu. Tagar #SaveKPK digunakan untuk mendukung Bambang secara khusus dan KPK secara umum.

7. #RIPOlgaSyahputra

Inilah bentuk aksi duka yang tak disangka-sangka akan memberikan respon sedemikian. Kematian comedian Olga Syahputra pada Maret 2015 lalu telah mengundang banyak simpatik. Buktinya, tagar #RIPOlgaSyahputra sempat nangkring beberapa lama. Bahkan, sejak kedatangan jenazahnya dari Singapura hingga pemakaman, ribuan masyarakat tenggelam dalam duka dan terlihat hadir.

8. #PollStory

Tak hanya aksi sosial dan politik, ranah linimassa juga diwarnai dengan munculnya tagar #PollStory. Tagar tersebu sengaja dibuat oleh penulis novel Ika Natassa (@ikanatassa) pada Desember 2015. Rupanya, ia ingin para pembaca setianya untuk berkolaborasi dalam menentukan alur kisah terbaru dalam novel “Architecture of Love” karangannya.

9. #KamiTidakTakut

Mengawali tahun 2016, aksi terorisme membuat panggung show of force di Jakarta. Ancaman berupa teror bom dan penembakan tersebut terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Seakan ingin meng-counter pesan teror para teroris, netizen lalu menyebarkan semangat keberanian melalui tagar #KamiTidakTakut. Semangat ini untuk menunjukkan bahwa teroris gagal mengerdilkan mental rakyat Indonesia.

10. #GMT2016

Fenomena alam gerhana matahari total ternyata tak luput menjadi trending topic di linimassa tanah air. Tagar ##GMT2016 cetar membahana mengiring gerhana matahari total yang hanya ada di Indonesia itu. Masyarakat antusias menyambut momen GMT dengan mengunggah foto dan berkomentar soal #GMT2016 di Twitter.

Huff, luar biasa bukan?

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar