counter

Ayah-Ibu, UN 2016 Bakal Diadakan 3x Lho!

[mashshare]

Kasus pelecehan terhadap pelajar hingga kasus politik pemerintahan udah wara-wiri di media massa. Tapi jangan sampai kita lupa kalau adik-adik kita juga sedang berjuang nih dalam Ujian Nasional. Nah, selain persiapan seperti les tambahan atau belajar kisi – kisi, kita juga harus tahu tentang apa aja informasi dari Ujian Nasional (UN) 2016 ini.

Banyak yang baru lho, yuk kita simak:

 1. UN akan diselenggarakan 3 kali

Peserta ujian nasional

Peserta ujian naisonal (Foto: korankaltim.com)

Tiga kali? Wah, satu kali saja sudah bikin stress, ini kenapa tiga kali? Ya, inilah perbedaan utama UN 2016 dari dengan tahun-tahun sebelumnya. UN 2016 yang pertama adalah UN perbaikan 2015, di mana pesertanya merupakan siswa-siswi yang belum berhasil memenuhi standar kempotensi kelulusan UN 2015. UN kedua adalah UN 2016 utama yang pesertanya adalah siswa siswi yang memang akan lulus di tahun 2016. Dan UN 2016 ketiga adalah UN untuk siswa – siswi kelulusan 2016 yang belum berhasil di UN 2016 utama. Gitu loh..

2. UN 2016 Utama akan digelar di bulan April

Ujian Nasional utama akan digelar di Bulan April 2016b (Foto: ftcdn.net)

Ujian Nasional utama akan digelar di Bulan April 2016 (Foto: ftcdn.net)

Untuk UN 2016 utama atau UN 2016 kedua (berdasarkan urutan), kabarnya akan diselenggarakan mulai tanggal 4 April 2016 hingga 6 April 2016. Sedangkan jadwal UN perbaikan 2015 atau UN 2016 pertama diselenggarakan pada tanggal 22 Februari 2016 (sedang berlangsung) hingga 5 Maret 2016. Pengumumannya pun dijadwalkan pada tanggal 19 Maret 2016. Jadwal UN perbaikan 2016 atau UN 2016 ketiga akan diselenggarakan pada awal Juni atau awal September.

3. Ada ujian perbaikan

Ada Ujian Perbaikan (Foto igi.or.id)

Ada Ujian Perbaikan (Foto: igi.or.id)

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama tadi, UN tahun 2016 ini ada ujian perbaikannya. Tujuannya, agar memotivasi siswa-siwi yang belum memenuhi standar kelulusan agar dapat lulus di tahun yang sama tanpa perlu menunggu di tahun depan.

4. Materi ujian diambil dari 2 kurikulum

Ilustrasi Ujian Nasional (Foto: infoguru.com)

Ilustrasi Ujian Nasional (Foto: infoguru.com)

UN 2016 menggunakan rencananya akan memakai dua kurikulum. Yakni, Kurikulum 2013 atau KTSP dan Kurikulum 2006. Wah, bakal tambah ribet ya? Menurut Mendikbud, kedua kurikulum ini tidak terlalu berbeda kok. Sehingga adik-adik tidak tidak perlu khawatir akan munculnya soal-soal yang belum pernah diketahui sebelumnya.

5. Bukan penentu kelulusan satu-satunya

(Foto Tempo.co)

UN bukanlah sartu-satunya penentu kelulusan (Foto: Tempo.co)

Meski diadakan selama 3 kali, tapi sama seperti tahun 2015, UN bukanlah penentu utama lulus tidaknya adik-adik peserta UN. Hasil UN akan digunakan sebegai pemetaan mutu dan dasar seleksi buat maju ke jenjang berikutnya. Selain itu, hal ini diberlakukan untuk menurunkan tindakan curang pada saat UN berlangsung. Dengan UN bukan jadi satu-satunya penentu kelulusan, maka tidak ada gunanya lagi untuk berbuat curang dan membesar-besarkan nilai UN.

Kelulusan siswa menjadi keputusan penuh pihak sekolah dengan melihat berbagai aspek dari hasil semua mata pelajaran serta perilaku siswa di sekolah. Jadi, pesan kepada para orang tua jangan terlalu membebani anak-anaknya ya. Kasihan…

6. Diselenggarakan tidak hanya dengan sistem online

Ujian Nasional tak hanya bersistem online (Foto: tribunnews.com)

Ujian Nasional tak hanya bersistem online (Foto: tribunnews.com)

Kalau sebelumnya ada kabar yang bilang UN tahun ini akan menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT), Jangan takut dulu, Pemerintah memberikan kebijakan khusus terkait dengan pelaksanaan UN 2016 ini. Jadi, UN 2016 utama nggak hanya menggunakan komputer atau secara online saja. Tapi juga menggunakan cara cetak atau tulis.

Hal itu dipertimbangkan karena masih banyaknya sekolah-sekolah di Indonesia yang belum layak mengikuti Ujian Nasional secara online. Karena, UNBK sendiri punya syarat khusus, salah satunya UNBK hanya diselenggarakan pada sekolah yang sudah siap baik dari infrastruktur, SDM, maupun peserta. Infrastruktur sejauh mungkin memanfaatkan laboratorium komputer yang ada di sekolah.

7. Standar Kelulusan

Ujian Nasional (Foto dumaiheadlinenews.com)

Meski bukan yang utama tapi UN tetap menentukan (Foto: dumaiheadlinenews.com)

Meskipun Ujian Nasional bukan penentu utama, tapi tetap ada standar pencapaian nilai yang harus kamu penuhi, yaitu 5,5 untuk setiap mata pelajaran.

Nah, untuk para orang tua dan guru, jangan lupa untuk terus memberikan dukungan dan support ya, supaya psikologis mereka stabil dan tidak stres karena UN 2016. Dan untuk adik-adik, semoga sukses ya untuk Ujian Nasionalnya nanti hingga bisa masuk ke Perguruan Tinggi..

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Ana Luma

Ana sangat suka menulis sejak di SMA, lulusan Ilmu Komunikasi ini kini meniti karir sebagai penulis lepas, mengelola akun social media, dan mengisi konten website.

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.