9 Ide Inspiratif Dari Perabot Tua Anda

Inspirasi Gambar Utama

Seiring bertambahnya usia sebuah keluarga. Maka akan semakin banyak jenis perabotan tua yang ditemui di setiap sudut rumah atau bahkan melapuk begitu saja di dalam gudang. Mulai dari kursi dudu, meja jahit sampai ke sofa bekas.

Nah, beberapa ide di bawah ini mungkin bisa memberikan anda inspirasi untuk menata ulang ruangan di rumah anda sekaligus memanfaatkan perabot tua yang ada. Bisa saja, anda sudah bosan dengan ruang rumah anda yang sekarang.

Yuk kita intip 9 inspirasi menata ruang dengan perabot tua milik anda.

1. Meja Jahit

Inspirasi 01 Meja Jahit
Boleh jadi mesin jahit di dalamnya sudah tidak bisa berfungsi normal karena dimakan usia. Namun, mejanya tetap dapat menjadi ornamen penghias ruangan yang cantik. Berikan sentuhan floral dengan memberikan wall sticker di bagian penampangnya. Sebelumnya, anda bisa memberikan warna-warna feminim seperti pink, magenta ataupun ungu.

2. Kursi minum teh

Inspirasi 02 Kursi Duduk
Ah, melihat sepasang minum teh ini mengingatkan masa-masa pertama menikah. Sayang sekali jika dibiarkan menua dan kusam. Lakukan pengecatan ulang di bagian rangkanya semisal warna putih seperti pada foto di atas dan percantik dengan memberikan dudukan yang lebih manis dan modern. Mungkin, dengannya anda bisa menjaga kenangan yang pernah dilalui bersama pasangan anda dulu.

3. Kotak kayu

Inspirasi 03 Kotak Kayut
Kusam dan berdebut, biasanya menghampiri perabot macam kotak kayu di atas. Sayang kan kalau dianggurkan begitu saja? Manfaatkan sedikit kemampuan pertukangan anda dengan mengamplas dan lakukan pengecatan ulang dengan warna-warna muda. Anda juga bisa mengganti handle setiap rak dengan yang lebih baru dan menambahkan ornamen lainnya.

4. Lemari kayu

Inspirasi 04 Lemari Kayu
Lemari ini paling banyak dan wajib ada di setiap rumah. Nah, Anda bisa mengakali nuansa kuno atau kusam dengan memberikan warna cat yang lebih modern dan cantik seperti pada foto di atas. Fungsinya tetap baik dan tentu saja akan semakin menarik untuk dilihat.

5. Meja kecil

Inspirasi 05 Meja Kecil
Posisi meja kecil biasanya senantiasa ditempatkan di sudut ruangan. Namun dengan sedikit sentuhan seperti mengecat ulang dengan warna yang cerah serta penambahan sedikit ornamen atasnya, Anda dapat membuatnya menjadi hidup dan menambah manis ruangan anda. Tak melulu harus di sudut ruangan, anda bisa menempatkannya di bawah jendela ruangan.

6. Kursi rotan berlapis

Inspirasi 06 Kursi Rotan Berlapis
Perabot rotan menjadi andalan setiap rumah, karena nilai keawetannya yang tinggi dan tahan lama. Umumnya, warna yang ada adalah coklat dan cenderung sudah kusam. Gantilah warna utamanya dengan polesan warna modern seperti putih, biru atau warna pastel lainnya. Tambahkan pula motif terkini untuk alas duduknya.

7. Perabot Laci

Inspirasi 07 Laci
Perabot kayu jaman dahulu, biasanya terbuat dari kayu yang tahan lama. Dan juga, biasanya hanya warnanya saja yang berubah kusam. Daripada membiarkan ia ‘bermurung dengan kondisinya yang kusam, lebih baik kita usaha sedkit untuk mengampelas dan mengecat ulang dengan warna yang ada inginkan.

8. Kursi bekas

Inspirasi 08 Kursi Santai
Kursi duduk dengan busa sebagai pelapisnya, saat telah dimakan usia biasanya akan mengalami berbagai kerusakan di beberapa bagiannya. Anda bisa memanggil tukang servis untuk memperbaiki bagian yang koyak atau terkelupas. Selama kaki-kakinya masih kuat, kursi santai anda bisa diubah menjadi penghias ruangan yang cantik dan mengundang untuk duduk berlama-lama di atasnya.

9. Lemari dapur

Inspirasi 09 Lemari Dapur
Lihat meja dapur di atas. Keduanya tampak begitu berbeda bukan? Padahal, dua-duanya adalah lemari yang sama. Dengan sedikit kreativitas, meja dapur anda tidak hanya dapat mempemanis ruangan, tapi juga meningkatkan fungsionalnya.

Yuk dicoba! (*)

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar