counter

4 Nama Makanan Palembang Yang Menggelitik

[mashshare]
Kalau suka wisata kuliner, tentunya kamu akan mencicipi beragam makanan khas daerah yang kamu kunjungi. Jika mampir ke kota Palembang, yang terbayang hanyalah kudapan pempek Palembang. Namun, ada lho beberapa makanan Palembang yang menggunakan nama yang unik dan menggelitik yang wajib kamu coba.

1. Pempek Kapal Selam

Jenis makanan ini pastinya jadi salah satu makanan yang wajib dicicipi kalau mampir ke Palembang. Bentuknya yang besar inilah yang membuat namanya disebut Pempek Kapal Selam. Namun ternyata tidak banyak yang tahu asal muasal nama Kapal Selam. Konon katanya, sebutan Kapal Selam diberikan karena saat perebusan, pempek telur besar ini tenggelam ke dasar periuk. Namun, saat pempek beserta isinya sudah masak, pempek langsung mengambang keatas air rebusan. Karena bentuknya besar, warga Palembang mengibaratkan proses pemasakan pempek ini seperti Kapal Selam. Apalagi dulunya, Sungai Musi menjadi salah satu kawasan perairan yang dilewati berbagai jenis kapal.

2. Kue Delapan Jam

Delapan Jam? Kebayang kan proses pembuatan kue khas Palembang ini dibuat selama delapan jam tanpa berhenti. Walau proses pembuatannya cukup menyita waktu, tapi tenang saja.. Makannya gak butuh waktu lama kok. Tinggal lahap aja karena kue ini super duper legit. Tapi jangan kebanyakan ya.. karena satu loyang kue delapan jam ini dibuat dari 10 butir telur bebek dan 200 gram gula pasir. Hati-hati bagi kamu yang gak mau bertambah gemuk dan mempunyai history diabetes.

3.Model

Ini bukan model catwalk atau model iklan lho.. Ini model ikan, makanan khas Palembang. Entah bagaimana dicetuskan jenis kudapan pempek bernama Model, yang jelas ini gak ada sangkut pautnya dengan dunia fashion. Ada dua jenis model yaitu model gendum yang terbuat dari tepung gendum dan model ikan, yang merupakan pempek ikan dipotong-potong. Disajikan dengan kuah khusus dan dijamin bisa mengganjal perut kamu.. Makyusss…

4. Peler Kambing

Ups… bukan maksud pornoaksi, mengumpat atau ngomong jorok. Tapi Peler Kambing ini memang nama makanan khas Palembang. Kudapan ini sebenarnya bernama pempek pisang, karena terbuat dari tepung terigu dan pisang yang dihaluskan dan dicampur. Namun entah mengapa, pergeseran zaman seakan membuat nama pempek pisang ini menjadi Peler Kambing. Kendati namanya mencerminkan alat kelamin Kambing pria, tapi saat makannya jangan berpikiran aneh-aneh. Makanan ini sangat nikmat, manis dan banyak disukai warga Palembang.

 

Nah, walau nama-namanya menggelitik dan sedikit jorok, tapi kalau sudah mencobanya pasti kamu akan ketagihan. Selamat menikmati….

 

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Ana Luma

Ana sangat suka menulis sejak di SMA, lulusan Ilmu Komunikasi ini kini meniti karir sebagai penulis lepas, mengelola akun social media, dan mengisi konten website.

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.