13 Tips Paten Anti Galau Bikin Hidupmu Makin Berkilau

Obat Galau Gambarf Utama

Guys, galau itu bukan tentang Cinta sama pasangan aja ya. Ada banyak jenis rasa Galau yang sering melanda. Mulai dari galau karena temen, karena tugas sekolah, karena jurusan kuliah, karena kerja, karena orang tua, dan buaaanyaaakk karena lainnya.

Galau itu wajar, karena menjadi bukti bahwa kita ini masih hidup guys! Yaa minimal kita masih punya perasaan dan logika yang bekerja merespon keadaan tidak menyenangkan di luar kita. Tapiii, jangan karena dibilang galau itu wajar, kamu malah nyaman untuk bergalau ria yaa..

Galau boleh boleh aja, tapi tidak dalam waktu lama atau dengan ekspresi berlebihan ya! Nanti suram hari depanmu. Ini nih 15 tips paten buat atasi kegalauan kamu, cekidot!

1. Tersenyum

Senyum aja fren! (Foto: Instagram/lina_rusmala)

Senyum aja fren! (Foto: Instagram/lina_rusmala)

Yaa senyum ajalah! Minimal bisa membuat kamu lebih menarik. Tersenyumlah dalam keadaan apapun. Tapi, bukan berarti terus-terusan senyum kaya orang gila loh! Maksudnya usahakan ketika bertemu dengan orang lain, kita menampakkan diri yang positif, agar mendapatkan feedback yang positif juga. Tersenyum memang gak bisa langsung menyelesaikan masalah kamu. Tapi paling gak bisa membuat kamu merasa menjadi lebih baik. Oke? Senyum ya :)

2. Ikhlas

Udah Ikhlasin saja.. (Foto: Instagram/musdalifah_23)

Udah Ikhlasin saja.. (Foto: Instagram/musdalifah_23)

Udaahh, ikhlasin aja apa yang sudah terjadi dan apa yang memang harus kamu terima. Toh, kita hanya pemain dalam hidup ini, biarkan Tuhan yang mengatur. Jika kamu banyak protes itu artinya kamu tidak mau diatur. Emangnya kamu ini siapa? Ya paling enggak dengan kamu berniat ikhlas dalam segala kegiatan yang kamu kerjakan, rasa malas apalagi suntuk akan hilang dengan sendirinya.

3. Positive Thinking

Yakin deh, gak ada yang sia-sia dalam hidupmu (Foto: wanderlustworker.com)

Yakin deh, gak ada yang sia-sia dalam hidupmu (Foto: wanderlustworker.com)

Kalau kamu sudah bisa ikhlas, dijamin deh, positive thinking ini akan hadir dengan sendirinya. Karena dengan berpikiran positif, kamu akan merasa bahwa selalu ada hikmah yang baik dan menyenangkan sekalipun kegiatan yang kamu ikuti itu membosankan atau kejadian yang baru kamu alami itu sangat memukulmu.

4. Menulis atau Menggambar

Ekspresikan dengan menulis atau melukis (Foto: Instagram/thalita_amelia11)

Ekspresikan dengan menulis atau melukis (Foto: Instagram/thalita_amelia11)

Jika kamu sedang berada di dalam keadaan yang suntuk dan tidak menyenangkan, maka menulis dan menggambar adalah salah satu media yang bisa membuat kamu dapat menuangkan semua pikiran. Bisa saja dengan menulis diary, atau menggambar seperti anak TK. Atau kamu bisa membuat karya lain yang memang kamu sukai.

5. Jalan-jalan

Kayaknya OK tuh jalan muter-muter bareng sohib (Foto Instagram/zainhaddi)

Kayaknya OK tuh jalan muter-muter bareng sohib (Foto: Instagram/zainhaddi)

Hal ini biasanya dilakukan orang-orang yang sudah bosan saat berada di satu tempat dengan waktu yang cukup lama. Jalan-jalan dengan jarak yang jauh atau dekat bisa sedikit mengurangi kejenuhan atau kebosanan. Ajak saja saudara, ayah dan ibu atau sahabat untuk bisa menemani kamu jalan-jalan.

6. Kuliner

Kenapa nggak nyobain kuliner khas di kota mu (Foto: instagram/sacyh)

Kenapa nggak nyobain kuliner khas di kota mu (Foto: instagram/sacyh)

Bagi kamu yang suka makan, naaahh kuliner ini adalah salah satu cara untuk menghindari rasa jenuh, bosan, atau melepas kepenatan. Dengan makan, energi yang sempat hilang karena tersita oleh rasa galau, akan terisi kembali. Kita akan lebih siap untuk beraktivitas jika sistem limbik (sistem yang mengatur rasa lapar dan haus, ed.) sudah terpenuhi. Selain itu, pilih juga makanan yang enak/lezat/maknyus, karena ini akan memperbaiki mood kamu.

7. Telepon teman atau bertemu teman

Phone a friend (Foto: instagram/anissanasaru)

Phone a friend (Foto: instagram/anissanasaru)

Dengan berinteraksi dengan orang lain, kejenuhan dan kebosanan akan cukup berkurang, karena berinteraksi kita dapat bertukar pikiran atau melepas beban dengan bercerita atau curhat dengan orang lain. Hindari kesendirian dalam waktu yang lama.

8. Jangan menunda pekerjaan

Kerjakan sekarang jangan ditunda (Foto: forumdaily.com)

Kerjakan sekarang jangan ditunda (Foto: forumdaily.com)

Kamu bisa langsung menyelesaikan pekerjaan kamu tanpa menundanya lagi. Karena dengan menunda, kamu akan memiliki waktu yang kosong dan itu akan menjadi magnet kegalauan.

9. Mendengarkan musik

Dengerin musik buat ademin ati kamu (Foto: instagram/qinayah_nirvana)

Dengerin musik buat ademin ati kamu (Foto: instagram/qinayah_nirvana)

Melalui musik, mood kamu bisa membaik, apa lagi mendengar musik yang memang kamu sukai. Musik juga dapat memberikan gelombang positif bagi kamu. Pas banget jika kamu mendengarkan musik sambil bernyayi, emosi negatif kamu akan keluar perlahan melalui musik itu. Tapi ingat, itu hanya berlaku untuk musik yang semangat dan menyenangkan ya, karena kalau musiknya tentang perasaan galau ya perasaan galau kamu akan semakin galau. Kacau deeh..

10. Berolahraga dan mandi untuk menyegarkan badan

Lari yuk biarkan galau hanyut bersama keringatmu.. (Foto: Instagram/yulisatiara)

Lari yuk biarkan galau hanyut bersama keringatmu.. (Foto: Instagram/yulisatiara)

Berolahraga yang sesuai, akan membuat peredaran darah kamu menjadi lancar, sehingga emosi negatif yang kamu rasakan akan tersalurkan dengan baik dan positif. Sedangkan mandi, dapat membuat badan kamu menjadi lebih segar dan lebih tenang.

11. Tidur

Cobalah untuk tidur (Foto: amazonaws.com)

Cobalah untuk tidur (Foto: amazonaws.com)

Tidur adalah aktivitas yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Kamu tetap bisa hidup tanpa repot merasakan sebuah beban. Selain itu juga, biasanya dengan mengistirahkan seluruh tubuh sejenak, kamu akan lebih fresh saat terbangun. Tidur juga bisa menambah energi kamu lho.

12. Merenung sejenak dan berinstropeksi diri

Merenung sembari intropeksi (Foto: Instagram/fietir.shofa)

Merenung sembari intropeksi (Foto: Instagram/fietir.shofa)

Dengan merenung sejenak, memikirkan apa yang telah kamu perbuat, entah itu baik atau buruk, itu akan membuat kamu lebih siap untuk menghadapi sesuatu. Kita dapat belajar dari kesalahan atau kekurangan yang kamu perbuat agar tidak terulang di masa yang akan datang.

13. Dekatkan Diri Kepada-Nya

Dekatkan diri pada-Nya dan mengadulah (Foto: Instagram/alegagaga)

Dekatkan diri pada-Nya dan mengadulah (Foto: Instagram/alegagaga)

Sudah seharusnya kamu beribadah dengan rutin, disiplin dan sesuai aturannya. Karena ibadah bisa mendatangkan petunjuk atas masalah-masalah yang membuat kamu galau.

So? Sudah bisa kan mengatasi kegalauan kamu? Kalau gitu bisalah yaa untuk bilang Say NO to GALAU yaa!

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Sri Jayanti

Sri Jayanti

Saya lebih suka menyebut diri saya sebagai Penulis Harian, karena saya selalu menulis di setiap harinya.

Beri Komentar