11 Petuah Bill Gates Yang Mengguncang Kesadaranmu, Nomor 7 ‘Nonjok’ Banget!

Ujaran Bill Gates

Bill Gates selama bertahun-tahun menduduki posisi orang terkaya sejagat. Kesuksesan tersebut diraihnya bersama perusahaan yang ia dirikan semenjak masih kuliah dahulu : Microsoft. Kemunculan komputer PC telah memungkinkan Operating System Windows dipakai di milyaran komputer hingga kini.

Bill Gates termasuk eksentrik karena di balik kesuksesannya, ternyata Ia memutuskan drop out dari kampusnya dan memilih menjadi technopreneur. Simak 11 petuah Bill Gates yang akan mengguncang kesadaranmu!

Bill Gates 1

1. Hidup itu Tidak Adil, Biasakan Dirimu!

Dalam dongeng kita selalu disuguhkan dengan hidup damai sampai akhir hayat. Bangun Bro-Sis, hidup tak seindah di dalam dongeng. Hidup itu kadang tidak adil. Kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Jangan biarkan diri terzalimi. Bergerak!

Bill Gates 3

2. Dunia Tak Ambil Pusing Tentang Caramu Menghargai Diri Sendiri

Berkontribusilah. Sebab dunia kini tak lagi melihat siapa kamu. Dunia juga tak punya waktu untuk melihat bagaimana kamu berdandan. Buatlah karya dan gebraklah dunia.

Bill Gates 4

3. Kamu tidak akan mampu menghasilkan $60,000 setahun, begitu lulus sekolah.

Nah yang ini, kayaknya menyentil pihak sekolah nih hehe.. Selama ini kita terlalu banyak dijejali teori, mungkin itu yang dimaksud dengan Om Gates. Banyakin praktek, gali potensi. Jangan terpaku dengan kurikulum. Dunia sudah semakin flat dan melaju dengan cepat. Lambat berproses maka akan tergilas.

Bill Gates 5

4. Jika Kamu berpikir, gurumu di sekolah itu menyulitkanmu. Tunggu sampai kamu memiliki bos dalam pekerjaan.

Yang ini nasehatin kamu, supaya jangan mau kalah sama guru atau dosen yang keliatan sering menyulitkan kamu. Anggap saja latihan menghadapi bos nyebelin. Soalnya, jika sudah lulus, kamu bakalan ngerasain jika punya bos yang cerewet dan perfeksionis.

Bill Gates 6

 5. Membalik burger tidak akan menurunkan martabat kamu. Percayalah, Kakekmu akan menyebutnya sebagai kesempatan.

Bekerja di kedai cepat saji bahkan sebagai pembalik burger pun, tidak akan merendahkan martabat kamu. Kalau memang emas ya emas. Jika kamu ceritakan pada orangtua atau kakekmu, niscaya mereka akan bilang. Sabar ya, anggap saja ini kesempatan untuk menempa mental. Percaya deh..

Bill Gates 7

6. Jika Kamu membuat kesalahan, itu bukan salah ortumu. Jangan mengeluh, belajarlah dari kesalahan.

Ayolah, jangan manja. Sedikit-sedikit minta bantuan orangtua. Gagal sedikit, ngadu. Belajarlah sabar, mulailah tegak di atas kaki sendiri. Seseorang disebut mahir, karena ia telah gagal berkali-kali namun bangkit dan belajar dari kesalahan itu. Sedangkan seorang newbie, hanya berniat mencoba saja tidak melakukan.

Bill Gates 8

7. Kamu bilang Ortu kamu sekarang membosankan?

Sadarlah, mereka menjadi seperti ini karena terlalu lama memikirkan banyak pengeluaran untuk mu, mencuci bajumu sejak kecil, sampai saat kamu remaja mereka mendengarkanmu bicara hanya tentang diri kamu sendiri. Lalu siapa yang men jadi penyebab semuanya?

Bill Gates 9

8. Sekolahmu mungkin telah memilah pemenang dan pecundang. Namun hidup belum.

Guru dengan mudah akan menemukan siapa yang salah dan siapa yang benar saat kamu berantem. Atau, siapa murid yang berprestasi siapa yang bodoh. Siapa yang malas dan siapa yang rajin. Tapi di dalam hidup, semuanya belum terjadi. Dan masih akan terus melakukan seleksi.

Bill Gates 10

9. Hidup tidak dibagi ke dalam semester demi semester dan kamu juga tidak akan mendapatkan liburan.

Sekolah memberikan keteraturan. Mulai dari waktu belajar, waktu ujian hingga waktu berlibur. Di dalam kehidupan? Kamu sendiri yang menentukan dan merencanakan semuanya. Gagal merencanakan? Berarti kamu tidak akan dapat liburan. Paling tidak dalam waktu dekat ini kamu tidak akan bisa bersantai. Jangan lupa piknik..

Bill Gates 11

10.  Televisi bukanlah kehidupanmu. Kamu harus tinggalkan warung kopi dan pergi bekerja.

Ini pesan untuk generasi yang masih terikat dengan televisi. Sedang sekarang? Kamu harus tinggalkan gadgetmu dan fokuslah belajar. Buat yang kerja, tinggalkan sosial mediamu. Kecuali jika kamu bekerja dari rumah..

Bill Gates 12

11. Tak mengapa menjadi seorang kutu buku. Anda mungkin tak perlu lagi bekerja untuk mereka.

Ini soal pilihan hidup. Semuanya baik. Tergantung bagaimana cara kita menyikapi dan kita memang enjoy dengannya. Selebihnya, biarkan orang yang menyesuaikan diri dengan kita.

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar