10 Kejelekan Jika Kita Terbenam Dalam Penyakit Malas!

MALAS Gambar Utama

Well, siapa sih di antara kamu yang gak pernah merasakan malas?  Sepakat saja, semua sudah pasti ya.
Di antara kamu ada yang merasakan betapa menyenangkan bisa bermalas-malasan dan juga betapa berbahaya rasa malas itu.

Rasa malas itu tidak ada yang indah. Pernyataan ini sudah mutlak. Jikapun kamu merasakan enaknya bermalas-malasan, itu tidak lain dan tidak bukan berasal dari syaiton, bukan diri kamu yang sebenarnya. Karena saya yakin, diri kamu yang sebenarnya tidak akan menginginkan rasa malas itu terjadi.

Lantas, apa saja bahaya dari malas?

1. Mudah stress

MALAS Banget hadeh (Foto flobamora net)

Malas bisa sebabkan stres! (Foto: flobamora.net)

Malas membuat kita banyak diam dan lebih banyak tidak melakukan apa-apa yang akhirnya hanya mengkhawatirkan akan sesuatu hal, hal ini bisa menyebabkan stress. Tubuh yang jarang bergerak akan mudah diserang oleh stress, hal ini  disebabkan oleh malas yang pada akhirnya lebih banyak berfikir ataupun mengkhayal dari pada berbuat sesuatu. Maka dari itu, kita disarankan untuk banyak bergerak dan olahraga agar tubuh bisa mengeluarkan hormon endorfin, yaitu hormon kebahagiaan.

2. Anti Sosial

MALAS Banget duuuh (Foto ssclive org)

Kalo udah gini, jadi males kan orang nemanin (Foto: ssclive.org)

Malas juga membuat kita enggan untuk banyak bicara atau berinteraksi dengan orang lain, apalagi melakukan banyak hal bersama tim ataupun orang lain. Karena malas hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri. Jikapun dilakukan bersama teman, itu hanyalah teman yang malas juga. Teman yang rajin tidak akan mau berlama-lama dengan orang yang  pemalas.

3. Pengeroposan Tulang

MALAS osteoporosis

Osteoporosis di masa muda? No Way!

Kenapa malas bisa menyebabkan pengeroposan tulang? Malas itu identik dengan jarang bergerak. Ketika tulang jarang  digerakkan, maka tulang akan lemah dan mengeropos. Berhati-hatilah. Perbanyaklah bergerak, seperti melakukan banyak kegiatan positif juga membantu pencegahan pengeroposan tulang.

4. Obesitas

MALAS Obesitas (Foto Pulskcom)

Negatifnya, sifat malas bikin kamu obesitas (Foto: Pulsk.com)

Obesitas juga menjadi dampak dari penyakit malas ini. Tubuh yang jarang bergerak akan membuat tubuh menjadi gemuk karena kalori yang di dalam tubuh tidak bisa dibakar dengan baik. Selain itu, orang yang malas lebih menyukai pekerjaan seperti makan, makan yang berlebihan lebih tepatnya.

5. Tekanan Darah Tinggi

MALAS Banget duuuh (Foto kapanlagicom)

Ayo Bangkit! Malas bisa naikkan tekanan darahmu! (Foto: kapanlagi.com)

Malas akan menyebabkan aliran darah di dalam tubuh tidak lancar dan membuat tekanan darah menjadi tinggi. Dan juga, aliran darah yang tidak lancar akan mengundang penyakit bahaya lainnya.

6. Sulit Tidur di Waktu Yang Tepat

Sebenarnya ada yang malas tidak sulit tidur, malah lebih mudah untuk tidur atau pembawaannya ingin tidur terus. Ada yang seperti itu? Pasti ada. Namun, di sini kita hanya membahas yang sulit tidur saja. Kesulitan memejamkan mata di waktu yang tepat bukan karena terlalu sibuk, namun terlalu malas hingga waktu tidur yang tepat, yang hanya sedikit itu digunakan untuk beraktivitas, sedangkan sepanjang hari digunakan untuk tidur dengan alasan begadang.

7. Tidak Produktif

MALAS Berolahraga

Malas akut bisa kamu nggak produktif sepanjang waktu. Rugi!

Malas membuat kita membuang waktu yang sebenarnya bisa kita manfaatkan dengan banyak hal yang menarik. Karena malas, jadi kita tidak membiasakan melakukan hal-hal yang bermanfaat dan itu membuat kita menjadi tidak produktif. Bagi orang yang malas, akan merasa sia-sia jika waktunya digunakan untuk mencoba hal-hal yang baru. Dan hal ini membuat pikirannya tidak bekembang.

8. Ingatan Menjadi Lemah

MALAS (Foto viva coid)

Ajak badanmu bergerak, biar kerja otak tidak menurun (Foto: viva.co.id)

Seorang yang malas itu enggan sekali jika diajak berfikir. Itulah kenapa ingatannya menjadi lemah, ya karena ia memang tidak mau melatih otaknya. Jadi, tidak perlu kaget lagi jika ada orang yang malas cukup lama dalam menjawab pertanyaan. Itulah bahaya malas yang harus kita hindari.

9. Bisa Mencuri

Malas ialah musuh yang memang harus kita hindari. Karena apa? Karena malas ialah pencuri yang paling nyata dalam hidup kita. Malas akan mencuri masa depan kita dan orang-orang yang kita sayangi. Iya, Kita bisa saja akan kehilangan masa depan yang cerah dan dijauhi oleh orang-orang yang kita sayang karena kita malas.

10. Mudah Bingung

MALAS mau ngapain (Foto stc ac id)

Bingung mau ngapain (Foto: stc.ac.id)

Seorang yang malas biasanya akan mengalami kebingungan sehingga membuat keadaan menjadi lebih kacau. Ketika mengalami kebingungan yang panjang, ia akan mendadak apatis atau pura pura tidak peduli dengan keadaan tersebut. Karena sebenarnya, ia juga bingung tentang tujuan hidupnya. Kebanyakkan orang yang malas adalah orang yang tidak tahu tujuan hidupnya untuk apa.

Bahaya malas ini bisa segera menyerang kepada penyakit fisik dan penyakit psikis, maka berhati-hatilah. Mari take action!

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Sri Jayanti

Sri Jayanti

Saya lebih suka menyebut diri saya sebagai Penulis Harian, karena saya selalu menulis di setiap harinya.

Beri Komentar