Subhanallah! 10 Artis Ini, Rela Tinggalkan Panggung Ketenaran Guna Menyongsong Hidayah

Gambar Utama

Hidayah memang milik Allah. Ia datang penuh kerahasiaan dan kadang menjumpai mereka yang tak terduga sama sekali. Salah satunya adalah profesi artis. Dekat dengan kesenangan duniawi, fasilitas berlimpah dan bahkan uang, seringkali membuaikan banyak para selebritis tanah air.

Namun, nama-nama pesohor publik di bawah ini, menerima cahaya hidayah justru di saat puncak-puncak karirnya. Mungkin banyak yang menyayangkan, tapi bagi mereka hidayah Allah itu mahal dan harus segera disongsong jika saatnya tiba.

Inilah 10 artis yang mendapatkan hidayah di tengah ketenaran :

1. (Alm). Gito Rollies

1 Gito_Rollies

Malam yang tak akan hilang dalam ingatannya, tatkala alm. Gito Rollies terbangun saat menjelang fajar. Ia dapati dirinya terbangun di tempat sampah. Ia berpikir keras mengapa ia bisa ada di tempat kotor itu. Rupanya, semalaman ia pesta miras bersama teman-temannya dan mabuk berat.

Lantas mungkin karena tidak ada yang menemani, ia pulang sendirian dengan berjalan kaki sempoyongan dan terjatuh di tempat sampah. Saat itulah, ia menjerit. Begitu kotor hidupnya. Akhirnya, ia pun bertekad kuat untuk berhijrah.

Gito yang dilahirkan di Papua itu pun, mulai dekat dengan masjid dan belajar kepada banyak ulama, terutama mengenai Al Quran dan Al Hadist. Sejak itu ia meninggalkan dunia selebritis dan menjadi seorang aktivis dakwah.

2. Harry Moekti

2 Harry Moekti

Seperi alm. Gito, Harry Moekti dulunya adalah seorang rocker tulen. Namun, di puncak popularitasnya, ia merasa tidak tenang dalam kehidupan. Ia kehilangan makna hidup. Sempat terombang-ambing, ia pun memilih untuk mendekai para ustadz dan mulai mengaji di awal tahun 1990-an.

Momentum hijrah itu ia ambi tahun 1995, dan memutuskan untuk benar-benar meninggalkan dunia musik karena ia sadar bahwa dunia hiburan lebih banyak mendapat mudharat daripada manfaat. Kini ia aktif menadi juru dakwah dan mengajak umat untuk bertaubat.

3. Sakti – Sheila On 7

3 Sakti Sheila On 7

Sakti adalah gitaris grup band paling fenomenal dan terkenal di masanya: Sheila On 7. Di saat puncak-puncaknya perjalanan band yang banyak dipuja oleh ABG ini, pria bernama lengkap Sakti Ari Seno, memilih keluar dari grup band tersebut di tahun 2006.

Ia memilih untuk memperdalam agama Islam dan mengubah penampilan serta namanya menjadi Salman Al-Jugjawy. Kini ia aktif dalam kegiatan dakwah bersama Jamaah Tabligh.

4. Krisyanto – Jamrud

4 Krisyanto-Sang-Vokalis-Band-Jamrud-cbatamtoday_com_

Siapa yang tidak mengenal pria bersuara serak-serak emas ini? Kris Jamrud, begitu nama panggungnya, merupakan salah satu vokalis grup music rock pregressif Jamrud. Kris sempat hengkang dari Jamrud pada November 2007 dan masuk kembali pada Oktober 2011. Di masa vakum itulah Kris mendapat hidayah. Ia sibuk memperdalam ilmu agama Islam. Dipelajarinya Islam dari hal yang mendasar, mulai dari tata cara wudhu, sholat dan membaca Al-Quran.

5. Dik Doank

5 Dik Doank

Dik Doank lebih dikenal sebagai presenter muda yang enerjik. Salah satu yang melambungkan namanya, saat mengisi kusi Tri Minutre di salah satu televisi Swasta bareng Ucok Baba. Artis bernama lengkap Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denada Kusuma ini menemukan hidayah di tahun 2016. Ia terus memperdalam ilmu agama Islam. Setelah itu ia terjun ke dunia dakwah dan memilih jalur pendidikan untuk menyampaikan dakwahnya. Ia juga mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak yang kurang mampu.

6. Peggy Melati Sukma

6 peggy

Mantan pemain watak nan ceriwis dalam sinetron Gerhana ini, mengaku sudah merasakan semuanya. Mulai dari yang enak hingga yang jahiliyah. Dalam sebuah pengakuannya, ia adalah pelaku seni, bintang sinetron, bintang film, penyanyi, foto model, pebisnis, duta pada beberapa Kementerian. Ia juga memiliki enam perusahaan, mulai dari perikanan, pesawat terbang, hingga senjata.

Semua perilaku kejahiliyahan sudah pernah ia jalani. Kekuasaan punya. Harta punya. Status sosial juga punya. Namun apa yang dimilikinya waktu itu tidak menjadikan seorang Peggy menemukan kebahagiaan sejati. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhijab dan belajar ilmu agama. Saat ini ia aktif sebagai duta belajar Al Quran bagi para kaum muslimah bersama dengan lembaga zakat nasional Dompet Dhuafa.

7. Teuku Wisnu

7 tengku Wisnu OK

Aktor tampan ini memutuskan berhijrah secara total sejak menggenapkan separuh dien-nya dengan menikahi Shireen Sungkar akhir tahun 2013 lalu. Selain lebih selektif dalam memilih tawaran job di dunia entertainment, Wisnu juga sibuk dengan komunitas keagamaan yang ia ikuti. Salah satunya “One Day One Juz” yaitu kegiatan membaca ayat suci Al-Quran sebanyak satu juz per hari.

8. Reza – Noah

8 reza_noah

Drummer Noah ini bernama lengkap Ilsyah Ryan Reza, biasa disapa Reza. Ia mulai bergabung dengan Noah pada tahun 2001. Pada Januari 2015 Reza telah hengkang dari group band Noah. Ia memutuskan untuk mendalami agama Islam.

9. Irvan Sembiring

9 Irvan Sembiring

Era 1990-an adalah era music alternatif dan underground mulai berkibar di tanah air. Grup Rotor termasuk yang diperhitungkan saat itu. Salah satu pentolan grup Rotor adalah Irvan Sembiring. Panggung demi panggung musik cadas hingga keluar negeri pernah ia lakoni. Ia pun berlimpah ketenaran dan harta. Namun, di tengah hingar-bingar keglamoran hidupnya, Irvan tersentil hidayah dan bertaubat untuk meninggalkan dunia musik. Ia aktif dalam mendalami agama dan menjadi aktifis dakwah.

10. Derry Sulaiman

10 Derry Sulaiman

Selain Rotor, generasi musik underground trash metal juga diisi dengan band Betrayer. Di tengah ketenaran, Derry hengkang sebagai gitaris Betrayer pada tahun 1998. Namun, ia belum mendapat pencerahan saat itu. Ia bahkan pindah ke Bali demi meningkatkan karir di bidang musik. Ia bersama beberapa orang teman membangun sebuah band metal yang lebih dahsyat lagi: Born by Mistake.

Usai merampungkan sebuah album, Ia pun mengahadap seniornya Irvan Sembiring tentang perkembangan band barunya itu. Alih-alih mendapat dukngan, ia justru dinasihati Derry untuk bertobat, dan mendekatkan diri ke Tuhan. Semenjak diceramahi itu, ia pun galau dan mulai memikirkan apa sebenarnya tujuan hidup ini. Ia pun memilih bertaubat dan membenamkan diri belajar agama Islam. (*)

    Bagikan Di:

Tentang Penulis

Emha Rifani

Emha Rifani

Penulis lepas, full time freelance. Minat pada bidang politik, seni grafis, kesehatan dan teknologi.

Beri Komentar